Apa itu Rekening Bersama (Rekber)? contoh dan cara Kerjanya

dalam kehidupan sekarang, transaksi online merupakan hal yang biasa dilakukan oleh para penjual dan pembeli sekarang, platfrom seperti facebook, instagram dan tiktok menjadi salah satu pilihan para penjual memasarkan dagangan mereka, namun banyak sekali penjual dan pembeli nakal yang melakukan kecurangan ketika bertransaksi maka dari itu diperlukannya pihak ketiga untuk membantu dalam proses transaksi tersebut. pihak ketiga ini biasanya disebut rekber atau yang lebih kita kenal dengan sebutan rekening bersama. untuk lebih jelasnya simak pembahasan yang telah game turu rangkum untuk mengamankan transaksi online kalian.

Apa Itu Rekber?

Rekber atau yang biasa disebut rekening bersama adalah pihak ketiga yang membantu kita melakukan transaksi secara online, biasanya pihak ketiga ini adalah sebuah platfrom, perusahaan, ataupun individual yang bertindak sebagai perantara untuk mengamankan uang transaksi pembeli sampai pembeli menerima dan mengkonfirmasi bahwa barang atau jasa yang diterima diberikan sesuai perjanjian, dalam prosesnya pihak ketiga memiliki cara dan aturan yang berbeda jadi kita tidak bisa mengatur ataupun mengotak atik proses yang sudah menjadi standar mereka ketika menggunakan rekber.

Cara Kerja dan Alur Rekber

secara garis besar alur kerja rekber (rekening bersama) memiliki kesamaan, yang menjadi pembeda diantara mereka hanyalah keamanan yang diberikan dan jenis barang atau jasa yang diperjual belikan. penjelasan singkat dalam melakukan transaksi menggunakan rekber dapat dilihat seperti gambar dibawah ini.


Gambar. Proses Rekber Jika Barang Sesuai

1. Penjual dan Pembeli sepakat menggunakan rekber

dalam transaksi online dengan menggunakan rekber, pihak penjual dan pembeli harus sepakat terlebih dahulu untuk menggunakan jasa mereka sehingga tidak terjadi kebingungan diantara kedua belah pihak.

2. Pembeli mengirim dana ke Rekber

Setelah terjadi kesepakatan, pembeli mengirimkan uang ke rekber beserta bukti resi pengiriman uang ke rekber. agar tidak terjadi salah kirim pembeli wajib konfirmasi kembali nomer rekening rekber.

3. Rekber konfirmasi dana masuk dan mengirim step tutorial mereka

ketika berhasil mengirim uang ke rekber, rekber akan mengecek ke rekening mereka dan bila dana sudah diterima maka rekber akan mengkonfirmasi di group sehingga penjual dan pembeli dapat melanjutkan proses transaksi mereka. jika uang yang dikirim belum sampai ke rekening rekber maka rekber tidak bisa melanjutkan proses transaksi hingga uang sampai ke rekening mereka. kesalahan pengiriman uang bukan tanggung jawab rekber.

4. Penjual mengirimkan jasa atau barang ke pembeli

setelah itu penjual mengirimkan jasa atau barang yang pembeli beli sesuai dengan kesepakatan mereka, jika penjual mengirim barang atau jasa berbeda dengan kesepakatan maka kedua belah pihak yang harus menyelesaikan masalah tersebut, karena rekber disini hanya pihak netral yang tidak memihak ke penjual dan pembeli.

5. Pembeli melakukan Pengecekan barang atau jasa

pembeli melakukan pengecekan dan memastikan jasa atau barang yang dibeli sesuai dengan kesepakatan. jika ada perbedaan maka pembeli melakukan konfirmasi ke penjual dan menyelesaikan masalah tersebut terlebih dahulu, hingga terjadi kesepakatan.

6. Pembeli melakukan konfirmasi ke rekber 

selanjutnya pembeli melakukan konfirmasi ke rekber jika barang yang diterima sudah sesuai dengan kesepakatan ataupun terjadi pembatalan transaksi, jika terjadi pembatalan transaksi maka pembeli wajib melakukan konfirmasi ke group dan menyertakan bukti valid dan mengembalikan barang tersebut ke penjual.

7. Rekber melanjutkan dana ke Penjual

Setelah pembeli mengkonfirmasi dan memperbolehkan rekber melanjutkan dana ke penjual maka rekber akan mengirim uang ke penjual dan mengirim resi bukti transfer. hal ini menjadi tanggung jawab terahkir dari rekber jika ada kesalahan di kemudian hari maka itu diluar tanggung jawab rekber dan rekber hanya bisa membantu untuk memviralkan transaksi tersebut.

Pengalaman saya menggunakan jasa rekber untuk transaksi game online:

singkatnya saya melakukan transaksi pembelian game online rise of kingdom dan lords mobile dengan menggunakan rekber yang sama. rekber menuntun saya untuk mengamankan akun tersebut dan meminta identitas dari penjual sebagai jaminan bila mereka melakukan hack akun tersebut (identitas biasanya berupa KTP, SIM atau kartu pelajar) untuk rekber yang saya gunakan dia meminta foto selfi dengan KTP dan tulisan nama pembeli serta tanggal transaksi dan dikirim di wa pribadi rekber,
 

Gambar. penjual mengirimkan tangkap gambar akun terhubung

selain itu rekber yang saya gunakan meminta tangkap gambar akun terhubung, dan id akun. dalam setiap game akun terhubung yang dapat dikaitkan berbeda beda, contohnya di game rise of kingdom kita dapat mengakses akun tersebut menggunakan email, facebook, google play, game center. sedangkan akun terhubung di game lords mobile hanya dapat diakses dengan google, huawei, dan juga game center. setelah itu saya mengirim uang ke rekber dan transaksi dilanjutkan dengan penjual mengirimkan gmail yang terhubung ke akun tersebut.



Gambar. kiri saya mengirim uang ke rekber kanan step untuk pengamanan akun

selanjutnya saya mengamankan akun sesuai dengan langkah yang diberikan untuk cara mengamankan akun gmail dapat dilihat disini, mengecek isi akun yang saya beli, setelah itu saya melakukan konfirmasi bahwa akun tersebut seusai dan saya sudah mengamankan akun tersebut, maka rekber akan meminta penjual menghapus detail login akun gmail tersebut dan video logout akun game tersebut.


Gambar. penjual mengirim bukti video logout akun game dan gmail

selanjutnya saya mengkonfirmasi dan rekber melakukan transfer uang ke penjual.


Gambar. Rekber mengirim uang ke penjual

ketika transaksi telah selesai maka rekber tidak bertanggung jawab lagi ketika suatu saat akun tersebut terkena hackback oleh si penjual karena di dalam chat terlihat bahwa saya secara sadar memperbolehkan rekber untuk mengirimkan uang ke penjual. karena tidak semua penjual selalu jujur dan tidak semua rekber itu asli maka sebelum kita melakukan transaksi sebaiknya kita mengecek kontak dan nomer mereka ke getcontact sehingga dapat meminimalisir pencurian akun atau uang kita.


menggunakan rekber dapat meningkatkan keamana dalam bertransaksi online, namun harus ditekankan bahwa setiap manusia, platfrom, dan perusahaan juga memiliki kekurangan dan dapat berubah sewaktu waktu, jadi kita harus lebih teliti dalam memilih rekber, penjual ataupun pembeli untuk mengurangi tingkat pencurian barang atau uang kita.


Related Post

Previous
Next Post »